Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek

Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek
Petani saat panen padi menggunakan alsintan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PALANGKARAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Prasarana Sarana Pertanian (PSP) menggelontorkan sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Selain itu, Ditjen PSP juga menyiapkan sumber daya manusia untuk mengoperasikan alsintan di lahan Food Estate Kalimantan Tengah.

Kesiapan SDM ini dilakukan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengoperasian dan Pemeliharaan Alsintan yang telah dilaksanakan di 3 lokasi pada tanggal 25 -27 Agustus 2020 di Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau dan Kantor Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kapuas. Bimtek ini diikuti oleh Operator (Poktan/Gapoktan), Penyuluh/PPL dan Babinsa.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Food Estate adalah program ketahanan pangan yang digerakkan pemerintah dengan melibatkan sejumlah kementerian.

“Tujuannya untuk menjaga ketahanan pangan secara nasional. Untuk itu, kita mengajak semua pihak untuk bergerak cepat dan bersama-sama mendukung program pemerintah ini,” kata Mentan SYL, Sabtu (12/9).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy menambahkan, bantuan alsintan disalurkan kepada Poktan, Gapoktan, UPJA maupun Dinas dalam bentuk brigade alsintan.

“Kami akan bantu alsintan untuk petani yang diserahkan melalui Poktan, Gapoktan, UPJA atau dinas dalam bentuk brigade sehingga dapat mengoptimalkan kerja alsin dan memonitornya dengan baik. Dengan bantuan alsintan ini, kami harapkan proses pengolahan lahan bisa cepat dilakukan,” tuturnya.

Untuk membantu percepatan olah lahan, diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengoperasian dan Pemeliharaan Alsintan. Pelatihan ini melibatkan penyedia Alsintan, seperti PT Yanmar, PT Gatra Nusantara, dan PT Rutan.

Kementan melalui Ditjen PSP memaksimalkan penggunaan alsintan di lokasi food estate dengan bimtek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News