Kementan Sudah Bagus, Kemenkeu dan Kemendag Jangan Loyo

Kementan Sudah Bagus, Kemenkeu dan Kemendag Jangan Loyo
Panen melimpah. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) di tengah pandemi Covid-19 pada kuartal pertama 2020, Januari sampai Maret, dinilai sudah bagus.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan bahwa produksi Januari-Mei 2020, yaitu 15,1 juta ton beras dan surplus stok beras pada akhir Mei sebesar 8,48 juta ton. 

Pengamat Pertanian Prima Gandhi mengatakan, Kementan sejauh ini mampu menunjukkan kinerja yang prima.

Namun, Gandhi menyatakan Kementan tidak mendapat dukungan oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Keuangan.

Sementara itu, saat ini, tantangan terbesar bagi negara-negara dunia ialah mempertahankan produktivitas pangannya di tengah pandemi Covid-19.

"Menurut saya kinerja Kementan sudah bagus. Saat panen itu masih sampai target dan masih baik. Tetapi ada beberapa kebijakan yang kurang," kata Gandhi kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (9/6).

"Maksud saya yang harus disinkronisasi dengan Kementrian Perdagangan karena kita tahu kemarin pada waktu awal-awal Covid, dengan Kementerian Perdagangan itu ada sedikit ketidakcocokan harga pangan dan juga masalah impor."

Gandhi meminta Kementerian Perdagangan mampu menjaga harga pangan di pasaran. Sebab, apabila harga pangan mahal di pasar, sedangkan harga beli di petani murah, hal itu akan memberikan dampak pada periode selanjutnya.

Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) di tengah pandemi Covid-19 pada kuartal pertama 2020, Januari sampai Maret, dinilai sudah bagus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News