Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani dan Pelaku Usaha Hortikultura Melawi Lewat Bimtek

Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani dan Pelaku Usaha Hortikultura Melawi Lewat Bimtek
Kementan melalui Ditjen Hortikultura melaksanakan bimtek untuk meningkatkan kapasitas ratusan petani dan pelaku usaha hortikultura di Melawi, Kalbar. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MELAWI - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas petani atau pelaku usaha hortikultura di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, pada 21-22 Februari 2023.

Bimtek diikuti 120 petani atau pelaku usaha dan dihadiri Anggota Komisi IV DPR Yessy Melania, Kepala Bidang Pertanian dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Melawi Erning Indrastuti, dan Mawardi dari Politeknik Negeri Pontianak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan metode teori dan praktik dengan materi tentang pengolahan cabai dan bawang merah.

"Kami terus mendorong petani dan pelaku usaha hortikultura sebagai penggerak dan pelopor yang inovatif, kreatif, profesional, mandiri, mampu bersaing, dan berwawasan global," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto melalui keterangan yang diterima, Kamis (23/2).

Anggota Komisi IV DPR Yessy Melania dalam kesempatan itu menyampaikan kelompok tani yang mendapat bantuan dari Kementan harus dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan,.

Tujuannya bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para penerima.

"Tahun lalu, petani dan pelaku usaha sudah mendapatkan bimtek tentang budidaya cabai sehingga tahun ini perlu diberikan materi pendukungnya, yaitu tentang pengolahannya agar petani dan pelaku dapat berinovasi meningkatkan nilai tambah dari hasil panennya," kata Yessy.

Dia ingin Kabupaten Melawi mampu memiliki usaha pertanian yang berkelanjutan, salah satunya dengan pengembangan pertanian terpadu dari hulu ke hilir.

Kementan melalui Ditjen Hortikultura melaksanakan bimtek untuk meningkatkan kapasitas ratusan petani dan pelaku usaha hortikultura di Melawi, Kalbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News