Kementerian DPDTT Susun Indeks Promosi Transmigrasi

Kementerian DPDTT Susun Indeks Promosi Transmigrasi
Menteri DPDTT Marwan Jafar/ dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, telah membuat indeks promosi transmigrasi untuk daerah perbatasan. Tujuannya, untuk mengeluarkan daerah tersebut dari kata tertinggal dan menjadi kawasan yang bernilai ekonomi tinggi. Karena ada banyak potensi ekonomi yang ditemukan di daerah-daerah tertinggal

“Terdapat 41 kabupaten yang berada di daerah perbatasan. Untuk itu, kami telah melakukan promosi agar masyarakat bertransmigrasi ke daerah-daerah tersebut, agar keluar dari ketertinggalan,” ujar Marwan, Selasa (26/1).

Selain dapat mengembangkan potensi sumberdaya alam di daerah perbatasan, Marwan meyakini transmigrasi juga dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat lainnya.

"Dengan adanya kawasan transmigrasi di perbatasan, peluang untuk meningkatkan ekonomi perbatasan semakin tinggi, peluang kerja masyarakat juga akan meningkat. Tentunya ini akan menarik perhatian masyarakat kita yang bekerja di luar negeri untuk kembali,” ujarnya.

Mantan anggota DPR ini mengakui, anggaran transmigrasi tergolong minim. Namun ia menegaskan tetap berkomitmen memperjuangkan program transmigrasi terwujud semaksimal mungkin.

“Dalam 15 tahun terakhir, anggaran untuk transmigrasi tidak pernah naik bahkan turun. Tapi saya akan tetap berkomitmen untuk program ini. Dalam waktu dekat kita akan melakukan hearing untuk membicarakan lagi tentang program-program yang bersentuhan dengan transmigrasi. Capaian transmigrasi harus lebih tinggi,” ujar Marwan.‎(gir/jpnn)


JAKARTA- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, telah membuat indeks promosi transmigrasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News