Kenaikan Isa Almasih dan Idulfitri di Hari yang Sama, Pak Ganjar: Tuhan Punya Rencana yang Luar Biasa untuk Indonesia

Kenaikan Isa Almasih dan Idulfitri di Hari yang Sama, Pak Ganjar: Tuhan Punya Rencana yang Luar Biasa untuk Indonesia
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melaksanakan Shalat Id di rumah dinas gubernur. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah yang dirayakan bersamaan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih pada tahun ini merupakan berkah bagi negara Indonesia.

"Tentu saja Tuhan itu punya rencana sangat luar biasa sehingga untuk Indonesia konteksnya menjadi penting. Pertama, hari ini umat muslim melaksanakan ibadah Salat Id dan Idulfitri bersama. Kedua, bagi umat nasrani juga memperingati Kenaikan Isa Almasih, harinya sama," katanya usai melaksanakan Salat Id di Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah Puri di Semarang, Kamis.

Menurut Ganjar, peringatan dua hari besar keagamaan pada hari yang sama tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia bisa berdampingan dalam beribadah, serta mengimplementasikan toleransi dan kebinekaan. 

"Hal itu menunjukkan kepada kita semua, o iya rasa-rasanya di antara kita harus saling menghormati, saling menghargai, dan ini berkah untuk Indonesia," ujarnya.

Pada Hari Raya Idulftri 144 l2 Hijriah, Gubernur Ganjar kembali melaksanakan Shalat Id bersama keluarga di rumah dinas karena masih pandemi COVID-19.

"Dua lebaran ini sama, sama-sama menahan diri, sama-sama semuanya menjaga diri. Kenapa saya dan keluarga memutuskan untuk salat Id di rumah karena kondisi. Kondisi di luar yang kemarin pemerintah meminta untuk tidak mudik," katanya.

Selain kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir, munculnya beberapa klaster yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah dan kegiatan lainnya juga menjadi alasan Ganjar.

Oleh karena itu, Ganjar berpesan kepada masyarakat Jawa Tengah agar bersama-sama menuntaskan pandemi COVID-19 dengan cara tetap disiplin dan menaati protokol kesehatan.

Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo peringatan dua hari besar keagamaan Idulfitri dan kenaikan Isa Almasih pada hari yang sama tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia bisa berdampingan dalam beribadah, serta mengimplementasikan toleransi dan k

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News