Kenali 4 Tanda Penuaan pada Otak

Kenali 4 Tanda Penuaan pada Otak
Ilustrasi otak. Foto: Pixabay/JPNN.com

jpnn.com - Otak merupakan pusat pengatur segala aspek dalam hidup seseorang. Proses berpikir, bergerak, menyimpan memori, hingga koordinasi semua pancaindra dikoordinasikan di organ penting satu ini.

Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia atau mendekati senja, umumnya kemampuan otak dalam bekerja juga ikut menurun.

Ringan berat penurunan kemampuan kerja otak ini sangat bervariasi pada tiap orang. Tidak jarang proses tersebut terjadi tanpa disadari, namun banyak juga yang prosesnya berat hingga sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Apa saja yang menjadi tanda-tanda dari penuaan otak ini. 

1. Pikun atau mudah lupa

Sama seperti organ tubuh lainnya, otak juga akan menua ketika memasuki usia senja. Proses penuaan otak ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah akibat berkurangnya volume otak ketika seseorang berusia lanjut.

Bagian otak yang menyusut ini sebagian besar adalah bagian yang fungsinya menyimpan memori. Karena itulah keluhan mudah lupa sangat umum dialami seseorang yang otaknya mulai menua.

2. Bekerja lebih lambat

Tidak hanya proses berpikir yang akan terpengaruh ketika penuaan otak terjadi, namun juga gerakan. Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa orang yang usianya 20 tahun mampu menulis 75 persen lebih cepat dibandingkan dengan lansia yang berusia di atas 75 tahun. Walau terlihat sederhana, ternyata koordinasi pada proses menulis yang cukup rumit terjadi di otak.

Biasanya kata-kata ini bukanlah kata yang sulit, namun karena kemampuan recall atau mengingat kembali kata dalam pikirannya sudah mulai menurun, kata sederhana tersebut menjadi sangat sulit dituturkan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News