Kenali 5 Penyebab Kanker Usus

Kenali 5 Penyebab Kanker Usus
Ilustrasi kampanye menjaga kesehatan usus. Foto: Istimewa

jpnn.com - Kanker usus merupakan tipe kanker saluran cerna yang paling sering terjadi. Kanker ini paling sering terjadi di area usus besar yang berbatasan dengan anus. Kanker kolorektal (kanker usus besar dan rektum) masih menjadi salah satu penyakit kanker tersering. Jenis kanker ini merupakan penyakit tiga besar penyebab kematian terbanyak akibat kanker baik pria maupun wanita di Amerika Serikat.

Hingga kini, penyebab tunggal pada kanker usus tidak diketahui secara pasti. Penyakit kanker usus merupakan kondisi yang terjadi akibat perpaduan banyak faktor. Faktor genetik diketahui berperan besar pada terjadinya kanker usus.

Selain itu, pemilik mutasi gen tertentu akan memiliki penyakit polip usus yang bersifat turunan. Penderita polip usus turunan memiliki risiko hampir 100 persen mengalami kanker usus besar pada usia 40 tahun.

Selain genetik, faktor lingkungan juga berperan sangat besar. Utamanya berasal dari pola makan. Pola makan di bawah ini diketahui berkaitan dengan kejadian kanker usus.

1. Pola makan tinggi daging merah dan lemak hewani

2. Kurang mengonsumsi serat

3. Kurang mengonsumsi sayur-sayuran maupun buah-buahan

4. Risiko mengalami kanker usus akan semakin meningkat saat pemilik pola makan tersebut memiliki berat badan berlebih (obesitas) pada pria, dan secara paradoks pada wanita dengan tubuh kurus.

Kewaspadaan sangat dibutuhkan agar kanker usus dapat terdiagnosis sejak dini sehingga bisa ditangani secepatnya. Saat Anda merasakan adanya perubahan konsistensi tinja dalam jangka waktu lama, terutama disertai darah pada tinja, segera periksa ke dokter..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News