Rabu, 19 Desember 2018 – 16:35 WIB

Kenali Bahayanya Duduk dengan Kaki Menyilang

Kamis, 06 Desember 2018 – 20:25 WIB
Kenali Bahayanya Duduk dengan Kaki Menyilang - JPNN.COM

jpnn.com - Kebanyakan wanita senang menyilangkan kakinya ketika duduk. Memang duduk jadi terasa lebih nyaman dan anggun, namun ternyata sebaiknya Anda tidak menjadikan duduk seperti ini sebagai kebiasaan. Kebiasaan duduk seperti ini akan merugikan Anda bila dilakukan terus-menerus, utamanya dalam fungsi tulang.

Menyilangkan kaki Anda hanyalah salah satu elemen yang bisa menempatkan tulang belakang Anda ke posisi yang rentan, jadi penting untuk memikirkan postur Anda, posisi layar komputer Anda, posisi mouse dan keyboard Anda, ketinggian kursi Anda dan di mana telepon Anda ditempatkan.

"Ada banyak informasi yang bertentangan yang tersedia pada apakah duduk dengan kaki Anda disilangkan untuk waktu yang lama bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti varises atau tidak," kata Dr. Alexandra Oliver, direktur klinis asosiasi di Bupa UK (bupa.co.uk), seperti dilansir laman Virginmediatelevision, Rabu (5/12).

Meskipun ada hubungan yang disarankan antara berdiri atau duduk untuk waktu yang lama dan varises, namun belum ada bukti yang pasti untuk ini.

Oliver mengatakan bahwa kaitan ini terkait dengan varises yang terjadi di mana ada peningkatan tekanan pembuluh darah di kaki - seperti ketika Anda memiliki satu kaki bertumpu pada kaki yang lain, maka hal ini akan membatasi aliran darah Anda.

"Ini bisa terjadi jika seseorang duduk atau berdiri untuk jangka waktu yang panjang, karena pembuluh darah Anda memiliki katup untuk menjaga agar darah tidak mengalir ke belakang," jelas Oliver.

"Duduk atau berdiri bisa menyebabkan darah menggenang di dalam pembuluh darah di tungkai, yang bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada vena tungkai. Pada gilirannya, maka hal ini bisa menyebabkan pembentukan varises," tambah Oliver.

Dikatakan demikian, menyilangkan kaki Anda mungkin bukan alasan definitif untuk munculnya pembuluh darah yang berwarna ungu dan membesar di kaki Anda. Oliver mengatakan bahwa ada faktor risiko lain yang diketahui yang bisa menyebabkan varises, seperti kelebihan berat badan, memiliki riwayat keluarga dengan varises dan sedang hamil.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar