Kenang Pertempuran Lengkong, Prabowo Subianto Ziarah ke Makam Mayor Daan Mogot

Kenang Pertempuran Lengkong, Prabowo Subianto Ziarah ke Makam Mayor Daan Mogot
Menhan Prabowo Subianto ziarah ke makam Mayor Daan Mogot yang gugur bersama 35 pejuang lainnya di pertempuran Lengkong, Rabu (26/1). Foto: ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan

jpnn.com, TANGERANG - Menteri Pertanahan Prabowo Subianto berziarah ke makam Mayor Anumerta Daan Mogot di taman makam pahlawan (TMP) Taruna, Tangerang, Banten, Rabu (26/1).

Kegiatan tersebut sekaligus mengenang pertempuran Lengkong yang terjadi pada 25 Januari 1946.

Dalam peristiwa itu, Mayor Daan Mogot yang namanya dipakai sebagai nama salah satu jalan utama yang menghubungkan Jakarta, Tangerang dan daerah lainnya di Banten gugur bersama 33 taruna Akademi Militer Tangerang dan 2 perwira Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Nama pertempuran diambil dari nama desa yang menjadi lokasi bertemunya prajurit TKR yang menjadi cikal bakal TNI dengan pasukan Jepang untuk saling menyerang.

"Ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan itu bukan hadiah,” kata Prabowo saat memimpin Upacara Ziarah Hari Bakti Taruna ke-76 di lokasi yang sama.

Prabowo juga mengajak seluruh peserta upacara mengheningkan cipta dan menabur bunga di makam para pahlawan saat berziarah ke TMP Taruna.

“Perjuangan (para pahlawan) yang sangat panjang, pengorbanan dari seluruh rakyat, khususnya di sini yang berkesan adalah pengorbanan para pejuang dan perwira yang gugur saat masih berusia muda, salah satunya Mayor Daan Mogot,” kata pria yang sekarang juga menjabat Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Dalam ziarah tersebut, turut dihadiri di antaranya keluarga para pejuang, Wakil Menteri Pertahanan M Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya Donny Ermawa, Irjen Kemhan Letjen Ida Bagus Purwalaksana, Rektor Universitas Pertahanan Laksdya Prof Amarulla Octavian, dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Menhan Prabowo Subianto ziarah ke makam Mayor Daan Mogot yang gugur bersama 35 pejuang lainnya di pertempuran Lengkong


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News