Kepala Bappenas Ungkap Nama IKN Baru Pilihan Presiden

Kepala Bappenas Ungkap Nama IKN Baru Pilihan Presiden
Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberi nama untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberi nama untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Bapak Presiden pada Jumat, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso dalam rapat Pansus IKN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1).

Adapun IKN baru berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurutnya, sebetulnya, nama IKN baru tersebut akan dikirimkan berbarengan dengan Surat Presiden (Surpres) tentang Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) pada 29 September 2021 lalu.

"Tetapi ditahan dan saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu," beber Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Suharso juga menjelaskan alasan Presiden Jokowi memutuskan nama IKN baru.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional," katanya.

Bappenas berharap nama Nusantara sebagai ibu kota negara baru tersebut bisa menggambarkan kenusantaraan Indonesia.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberi nama untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News