Kepala BKN Lega, SKD Perdana CPNS 2019 Lancar

Kepala BKN Lega, SKD Perdana CPNS 2019 Lancar
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Kaltara/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, mengaku lega Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) perdana CPNS 2019 berjalan lancar. Ini bisa dilihat di semua titik lokasi (tilok) BKN yang tersebar di BKN Pusat, 13 Kantor Regional dan  20 UPT.

Untuk pelaksanaan SKD formasi BKN Pusat, sebanyak 639 peserta dari 787 pelamar yang telah Memenuhi Syarat (MS) hadir mengikuti SKD.

Pelaksanaan SKD di Tilok SKD terbagi ke dalam 5 sesi. Untuk SKD Senin (27/1) di BKN Pusat,  sesi 1 diikuti oleh pelamar BKN, sedangkan sesi 2 diikuti oleh pelamar BKN dan Badan Intelijen Negara (BIN). Sesi 3 hingga sesi 5 diikuti oleh pelamar BIN.

Peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 35 soal Karakteristik Pribadi (TKP).

Berdasarkan PermenPAN-RB 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Tahun 2019, untuk peserta formasi umum harus memenuhi nilai 126 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 65 untuk TWK.

"Alhamdulillah lancar pelaksanaan SKDnya di hari pertama," kata Bima di Jakarta, Senin (27/1).

Dia melanjutkan, pemerintah menjamin transparansi pelaksanaan tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT) di antaranya dengan menayangkan hasil SKD langsung setelah peserta menyelesaikan soal secara keseluruhan. 

Untuk Selasa (28/1), tes SKD yang berlokasi di BKN Pusat memfasilitasi seleksi untuk pelamar BIN dan di Kantor  Regional V BKN Jakarta untuk pelamar Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. (esy/jpnn)

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, mengaku lega Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) perdana CPNS 2019 berjalan lancar.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News