Keren, Atap Balai Kota Surabaya Dipasangi Sel Surya Hasil Karya Anak Bangsa

Keren, Atap Balai Kota Surabaya Dipasangi Sel Surya Hasil Karya Anak Bangsa
Petugas memasang panel sel surya di atap Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/1/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendukung penggunaan panel sel surya (solar cell) dengan kapasitas 2.000 wp yang dipasang di atap Balai Kota Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (20/1).

Langkah itu dilakukan untuk menjadikan Surabaya sebagai kota yang ramah lingkungan.

Menariknya, panel sel surya itu merupakan hasil karya arek-arek Suroboyo di bawah bimbingan Rektor Universitas Surabaya (Ubaya), Benny Lianto.

"Ini akan membuka lapangan pekerjaan baru dan ini sudah dibuktikan. Di bawah juga ada alat yang memantau berapa pembayaran listrik sebelum dan sesudah berintegrasi dan kolaborasi dengan solar cell (sel surya) tadi," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Dia menambahkan, pemerintah kota mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan untuk mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

Pemerintah Kota Surabaya, menurut dia, juga siap berkolaborasi dengan Universitas Surabaya untuk menyelenggarakan pelatihan mengenai pengembangan usaha-usaha yang ramah lingkungan.

Rektor Universitas Surabaya Benny Lianto menjelaskan universitas mengembangkan panel sel surya yang tidak membutuhkan baterai untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan.

"Jadi, langsung ke sistem instalasi PLN, sehingga menjadi lebih awet dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang terlalu tinggi," kata Benny. (Antara/jpnn)


Atap Balai Kota Surabaya dipasangi panel sel surya (solar cell) dengan kapasitas 2.000 wp pada Kamis (20/1).


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News