Keren, BKN Raih WTP Selama 12 Tahun Berturut-turut

Keren, BKN Raih WTP Selama 12 Tahun Berturut-turut
Plt kepala BKN Bima Haria Wibisana menerima penghargaan pelaporan keuangan dari Menkeu Sri Mulyani. Foto: Humas BKN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali mempertahankan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaporan keuangan negara selama 12 tahun berturut-turut.

Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebutkan capaian WTP yang diraih BKN selama lebih dari satu dekade ini merupakan bentuk komitmen atas pengelolaan anggaran yang tepat guna. 

Menurut dia, ada tiga kunci utama dalam tahapan pengelolaan anggaran yang lebih baik, yakni mulai dari aspek perencanaan, eksekusi, dan administrasi.

Mengenai tahapan aspek perencanaan, Bima menuturkan bahwa alokasi anggaran harus digunakan untuk menghasilkan target yang berkualitas, termasuk tujuan penggunaan anggaran yang tepat sasaran.

Menurut Bima, perencanaan yang baik akan berpengaruh pada tahapan eksekusi anggaran. Berikutnya pada tahap eksekusi harus didesain dengan logis dan efisien sesuai dengan target kinerja instansi.

Terakhir, tahapan administrasi menyangkut pelaksanaan realisasi yang harus dijalankan dengan tertib dan benar sesuai ketentuan pelaporan keuangan negara. 

Pemberian apresiasi WTP ini disampaikan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani pada puncak acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 melalui video conference, Selasa (14/9). 

Menkeu mengapresiasi transparansi dan komitmen K/L/D termasuk BKN karena senantiasa mengelola anggaran pendapatan dan belanja dengan akuntabel dan kredibel. Salah satunya melalui pelaporan keuangan dan mendapat capaian opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan.(esy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BKN sukses meraih opini WTP secara berturut-turut mendapatkan WTP 12 tahun berturut-turut.