Keren, Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Sepeda Penyapu Sampah Plastik

Keren, Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Sepeda Penyapu Sampah Plastik
Sanusi menunjukkan sepeda buatannya yang bisa membersihkan sampah di jalanan, Jumat (17/9). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menciptakan sebuah sepeda yang memiliki fungsi membersihkan sampah plastik di jalanan. Khusus sampah botol plastik.

Ide itu muncul dari mahasiswa Jurusan Teknologi Manufaktur bernama Sanusi melihat kecenderungan masyarakat yang saat ini memiliki hobi gowes atau bersepeda saat pandemi. 

"Saya melihat orang-orang cenderung bersepeda waktu pandemi akhirnya punya ide bikin sepeda yang fungsinya bisa membersihkan sampah," kata dia, Jumat (17/9).

Proyek yang dinamai Sepeda Sapu Sampah itu berbentuk menyerupai becak, di bagian bawah terdapat ujung sapu sebanyak 15 buah di bagian depan dan belakang.

"Fungsi sapu depan menyapu sampah yang di sampingnya supaya bisa masuk ke bagian tengah lalu di dorong ke belakang masuk ke bagian tempat penampungan," jelas dia. 

Untuk bahan-bahannya, Sanusi menggunakan rangkaian sepeda bekas yang dimodifikasi.

Jangka waktu menyelesaikan projek tersebut selama enam bulan, mulai dari mendesain hingga menganalisa sepeda agar bisa berfungsi. 

"Kesulitannya menganalisa bagaimana sapu ini bisa bekerja mengambil botol plastik dan mengayuh sepedanya ketika berbelok. Cara kerjanya hampir sama seperti becak gowes," imbuh dia. 

Sepeda sapu Sampah buatan Mahasiswa Untag Surabaya bisa membersihkan sampah plastik di jalanan.