Kesulitan Menidurkan Anak? Coba 5 Kiat Mudah Ini

Kesulitan Menidurkan Anak? Coba 5 Kiat Mudah Ini
Kiat menidurkan anak. Foto: iburose

jpnn.com - Para orang tua pasti pernah mengalami betapa sulitnya menyuruh anak-anak tidur. Bukan hanya memastikan mereka selalu tidur sesuai jadwal, tapi juga kuantitas dan kualitas tidur yang cukup. Dengan menerapkan kebiasaan tidur yang baik sedini mungkin, berarti orang tua telah merancang masa depan kehidupan anak.

Biasanya anak-anak mencontoh kebiasaan tidur saudara-saudara dan orang tuanya. Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua?

Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Independent, Rabu (26/12).

1. Katakan tidak pada perangkat elektronik

Jumlah anak-anak di bawah usia 16 tahun yang didiagnosis dengan gangguan tidur telah meningkat drastis selama beberapa tahun terakhir, sebagaimana digariskan oleh data yang dikumpulkan oleh NHS Digital dan dianalisis oleh The Guardian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang dewasa untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan memastikan anak-anak tidak menggunakan perangkat elektronik tepat sebelum mereka tidur.

2. Atur waktu tidur yang ketat

Anak-anak berjuang untuk mendapatkan tidur nyenyak jika mereka akan tidur pada waktu yang berbeda setiap malam. Itulah mengapa penting untuk mengatur rutinitas malam dan pagi hari yang bisa mereka ikuti. Dengan memberi anak Anda waktu tidur yang ditetapkan setiap malam dan membuat mereka sadar akan waktu yang mereka perlukan untuk tidur, maka hal itu pada akhirnya akan menjadi kebiasaan.

Biasanya anak-anak mencontoh kebiasaan tidur saudara-saudara dan orang tuanya. Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News