Ketahui 6 Pengobatan Bipolar Selain Konsumsi Obat

Ketahui 6 Pengobatan Bipolar Selain Konsumsi Obat
Ilustrasi obat. ANTARA/HO

jpnn.com - Bipolar adalah salah satu gangguan otak yang ditandai oleh perubahan mood, perasaan hati, pikiran, energi, dan perilaku. Gangguan mental ini ditandai dengan munculnya sejumlah episode, yakni mania (manik), hipomania, campuran, dan depresi berat.

Gangguan ini merupakan masalah medis yang sering kambuh sehingga perlu pengobatan yang tuntas.

Anda perlu mengetahui, pengobatan bipolar tidak cukup hanya dengan menggunakan obat-obatan. Ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

1. Rehabilitasi Psikososial

Rehabilitasi psikososial atau dikenal dengan rehabilitasi psikiatri bertujuan untuk membantu penderita gangguan bipolar untuk bisa kembali bersosialisasi dan berbaur di masyarakat.

Dengan adanya rehabilitasi ini, diharapkan penderita akan merasa dihargai atau berharga. Selain itu, juga mendapatkan rasa percaya dirinya kembali serta mampu membuat keputusan dan bekerja sama dengan orang lain.

2. Psikoterapi

Psikoterapi merupakan terapi tambahan yang dianggap efektif untuk membantu keberhasilan pengobatan bipolar. Terapi ini terdiri dari beberapa bentuk, yaitu seperti berikut ini.

Pengobatan bipolar tidak cukup hanya dengan menggunakan obat-obatan. Ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News