Ketahuilah, Ini Efek Samping Jika Anda Tidak Sarapan

Ketahuilah, Ini Efek Samping Jika Anda Tidak Sarapan
ILUSTRASI Sarapan. Foto: India Times

jpnn.com, JAKARTA - Anda semua akan mendengar pepatah lama yang mengatakan sarapan adalah makan yang paling penting dalam keseharian kita.

Tapi berapa banyak dari Anda yang mengikuti ini? Dalam upaya untuk mengurangi asupan kalori bersih dan memenuhi tujuan impian menjadi ramping, banyak dari kita memiliki kecenderungan untuk melewatkan sarapan.

Namun tahukah Anda, ada efek samping yang cukup berbahaya jika Anda melewatkan sarapan?

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa individu yang memulai hari mereka dengan makanan hangat memiliki kesempatan lebih rendah dalam hal pengerasan arteri jika dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

Faktanya, penelitian selanjutnya mengklaim bahwa orang yang melewatkan sarapan mungkin jauh lebih mungkin untuk mengembangkan aterosklerosis (pengerasan arteri).

“Persentase energi yang lebih besar yang dikonsumsi pada hari sebelumnya bisa mendukung kesehatan kardiovaskular,” kata penulis studi utama, Dr Valentín Fuster dari CNIC di Madrid dan Gunung Sinai Heart di New York City, seperti dilansir laman India Times, Kamis (16/11).

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan melewatkan sarapan dengan risiko masalah yang lebih tinggi yang bisa menyebabkan penyakit jantung seperti obesitas, diabetes dan kolesterol tinggi, demikian catatan para peneliti di Journal of American College of Cardiology.

Untuk penelitian saat ini, peneliti memeriksa data dari kuesioner diet yang diselesaikan oleh 4.052 orang dewasa yang tidak memiliki riwayat masalah jantung.

Individu yang memulai hari dengan makanan hangat memiliki kesempatan lebih rendah dalam hal pengerasan arteri jika dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News