Ketum Kadin Luncurkan Roadmap Industri untuk Menyokong Indonesia Emas 2045

Ketum Kadin Luncurkan Roadmap Industri untuk Menyokong Indonesia Emas 2045
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Jumat (2/12/22). Foto: Dok. Kadin

jpnn.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatukan tekad dan komitmen untuk meluncurkan peta jalan industri Indonesia tahun depan dalam menyokong terwujudnya visi besar Indonesia Emas 2045.

Komitmen tersebut disampaikan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid dalam seremoni pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Jumat (2/12/22).

Seremoni pembukaan Rapimnas 2022 Kadin tersebut dibuka oleh Presiden Jokowi  didampingi oleh Menko Perekonomian Indonesia Airlangga Hartato, Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jokowi mengatakan dalam sambutannya mengatakan ekonomi Indonesia saat ini dan tahun depan adalah titik terang dari kesuraman yang terjadi secara global.

Dengan melihat pencapaian Indonesia pada kuartal ketiga, yang terefleksi dari pertumbuhan ekonomi mencapai 5,72 persen dan surplus neraca perdagangan yang berturut-turut selama 30 bulan mencapai Rp 714 triliun, Indonesia pantas optimistis pada pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Optimistis tersebut bakal semakin kencang dirasakan karena pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan akan digerakkan oleh ekosistem ekonomi besar dengan mengandalkan empat keunggulan komparatif yang tidak semua dimiliki oleh negara-negara lain.

Kekayaan sumber daya mineral, antara lain nikel, bauksit, timah, tembaga bakal akan diintegrasikan melalui kebijakan hilirisasi dan pemanfaatan energi bersih dalam rangka menghadirkan ekosistem ekonomi besar tersebut demi memberikan nilai tambah bagi  Indonesia.

Dengan modal bonus demografi yang bakal menyentuh empat besar dunia di angka 274 juta jiwa, jumlah angkatan kerja produktif sekitar 201 juta, serta komitmen pada transisi energi bersih dan ekonomi berkelanjutan, Indonesia bakal menyongsong peradaban baru dari lokomotif yang digerakkan oleh kekuatan pasar dalam negeri dan ekosistem industri skala global di tanah air.

Roadmap ini dibuat agar segala upaya, program, dan inisiatif apapun dapat terintegrasi dan terkoodinasi, serta terarah pada target pembangunan 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News