Minggu, 17 Februari 2019 – 18:51 WIB

Khofifah Resmi Gubernur Jatim, SPP SMA - SMK Gratis Mulai Tahun Ajaran Baru

Kamis, 14 Februari 2019 – 17:31 WIB
Khofifah Resmi Gubernur Jatim, SPP SMA - SMK Gratis Mulai Tahun Ajaran Baru - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Setelah dilantik sebagai gubernur – wakil gubernur Jatim, pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak akan langsung melaksanakan program 99 hari, salah satunya SPP SMA - SMK gratis.

Sebab, program-program tersebut sudah masuk dalam APBD Jatim 2019 yang ditetapkan sebelum duet Khofifah - Emil dilantik.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jatim Renville Antonio mengatakan, dalam pembahasan rancangan APBD 2019 lalu, pemprov dan dewan sudah mengakomodir sebagian program yang masuk dalam Nawa Bhakti Satya. Ini adalah nama program kerja yang diusung Khofifah - Emil.

”Terutama program-program di sektor prioritas dan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2014-2019,” terang Renville.

Salah satu yang bisa dimulai adalah pendidikan gratis berkualitas (tistas). Tahun ini, Pemprov dan DPRD sudah mengalokasikan dana total Rp 1,8 triliun. Anggaran itu digunakan untuk bantuan pendidikan bagi seluruh peserta didik jenjang SMA-SMK se-Jatim yang jumlahnya mencapai 1,2 juta siswa.

Besaran subsidi disesuaikan dengan jenjang dan jurusan siswa. Dana itu belum termasuk bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah pusat.

Rencananya, distribusi bantuan itu bakal dimulai pada tahun ajaran baru 2019/2020 mendatang. ”Sehingga, diproyeksikan seluruh biaya pendidikan jenjang SMA-SMK ditanggung pemerintah,” katanya.

BACA JUGA: Emil Dardak pun Tersenyum Mendengar Pujian Khofifah

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar