Kiai Maman: Mereka Rekonsiliasi demi Masuk Kekuasaan

Kiai Maman: Mereka Rekonsiliasi demi Masuk Kekuasaan
KH Maman Imanulhaq. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq tak bisa membayangkan jika Gerindra bergabung dalam koalisi Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Menurut Maman, Gerindra yang selama masa kampanye Pilpres 2019 selalu menyudutkan Jokowi - Ma'ruf, tetapi setelah pemilu menjadi satu gerbong.

"Tidak terbayang bagaimana satu tahun yakinkan milih Jokowi dan kami berhadapan narasi kecurangan tiba-tiba sandiwara politik diakhiri, ya, sudah masuk saja (di koalisi pemerintahan)," kata Maman dalam diskusi bertajuk Ngebut Munas Parpol, Jelang Kabinet Baru di kawasan, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7).

BACA JUGA: Gerindra Kerap Sudutkan Jokowi tetapi Mau Masuk Pemerintahan? Kiai Maman: Menyakitkan

Maman menyadari dalam sebuah kontestasi politik terdapat konsep rekonsiliasi. Namun, Maman mengingatkan subtansi rekonsiliasi bukanlah hanya sekadar bagaimana bergabung dalam lingkaran kekuasaan.

Dengan diterimanya Gerindra, Maman meyakini justru akan membuat dan melahirkan kekecewaan bagi partai-partai koalisi Jokowi yang bertarung menghadapi narasi-narasi yang dibangun ketika kampanye.

"Politik seni segala kemungkiman. Tapi mereka rekonsiliasi sebagai upaya masuk kekuasan," tutup Maman. (tan/jpnn)


Anggota Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq tak bisa membayangkan jika Gerindra bergabung dalam koalisi Joko Widodo - Ma'ruf Amin


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News