Kiat Mencegah Ketegangan Mata Setelah Menatap Layar Monitor Seharian

Kiat Mencegah Ketegangan Mata Setelah Menatap Layar Monitor Seharian
Ilustrasi stres. Foto: WorktoLive.com

jpnn.com - Pernah mencoba membawa bola bowling selama sembilan jam sehari? Lengan Anda pasti akan terasa sangat lelah dan pegal. Nah, itulah yang Anda lakukan terhadap mata Anda ketika menatap layar komputer sepanjang hari.

Ini mungkin terdengar sedikit berlebihan, tetapi Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di komputer atau ponsel daripada yang Anda kira. Dua survei tahun 2016 menemukan bahwa orang dewasa melihat layar/screen sekitar sembilan jam per hari.

Semua tatapan itu bisa benar-benar memberi Anda mata latihan. Sebagai akibatnya, Anda mungkin mengalami sakit kepala, mata kering atau penglihatan kabur. Jadi bagaimana Anda bisa mencegah hal itu ketika semakin banyak pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda justru tidak bisa terlepas screen gadget Anda?

"Ketidaknyamanan yang dialami beberapa orang setelah melihat layar disebut ketegangan mata digital. Sebagian besar dari kita berkedip lebih sedikit ketika melihat layar, yang menyebabkan mata tegang dan mata kering," kata juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, Purnima S. Patel, M.D., seperti dilansir laman MSN, Selasa (22/1).

Meskipun membaca buku untuk waktu lama juga bisa membuat mata Anda lelah, karakteristik layar/screen membuat masalah menjadi lebih buruk. "Melihat komputer atau layar digital berbeda dari membaca buku yang dicetak," menurut American Optometric Association.

Untungnya, setiap kerusakan pada mata Anda tidak permanen. Dan Anda bisa mengurangi rasa sakit itu dengan beberapa perubahan kecil pada cara Anda bekerja.

Sejauh ini, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan pandangan dari layar. Ambil istirahat teratur dengan menggunakan aturan ‘20-20-20’. Setiap 20 menit, alihkan mata Anda untuk melihat objek lainnya setidaknya 20 kaki selama setidaknya 20 detik.

Jika mata Anda terasa kering, maka Anda bisa istirahat sebentar untuk menyegarkan mata Anda dengan menggunakan beberapa air mata buatan.

Ketidaknyamanan yang dialami beberapa orang setelah melihat layar monitor seharian disebut ketegangan mata digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News