JPNN.com

Kiat Sehat Makan Es Krim Tanpa Khawatir Kolesterol Melonjak

Jumat, 01 Maret 2019 – 22:22 WIB Kiat Sehat Makan Es Krim Tanpa Khawatir Kolesterol Melonjak - JPNN.com

jpnn.com - Anda para penggemar berat es krim tentu merasa kecewa saat mengetahui bahwa makanan yang digemari menjadi salah satu penyumbang kolesterol tinggi. Tapi jangan sedih, dr. Kartika dari Klikdokter mengatakan, ada trik khusus bila Anda ingin tetap mengonsumsi es krim tanpa harus khawatir kolesterol melonjak tajam.

“Anda harus rela untuk membatasi asupan zat gizi serupa (lemak jenuh, gula, dan kalori) dari makanan lainnya. Misalnya, Anda ingin makan secangkir es krim cokelat.

Artinya, dalam hari tersebut Anda tidak boleh lagi makan daging merah, olahan susu, atau makanan berlemak dan tinggi gula lainnya.” pungkas dr. Kartika.

Selain itu, Anda juga bisa membuat es krim sendiri seperti popsicle, tanpa menggunakan susu tinggi lemak, misalnya dengan menggunakan sari buah alami. Caranya sangat mudah, kok! Buatlah jus dari buah-buahan yang Anda suka, misalnya buah naga, semangka, atau jeruk.

Kalau bisa, buah yang digunakan adalah buah yang mengandung banyak air agar dapat beku sempurna. Bila buahnya sudah manis dari awal, sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula lagi. Namun, bila buah yang digunakan agak masam, memberikan sedikit gula pasir untuk membuat cita rasa menjadi segar bisa dilakukan.

Kemudian, masukkan jus buah tersebut ke dalam wadah pembuat es krim batangan, tambahkan beberapa potongan kecil buah, dan bekukan dalam lemari pendingin selama beberapa jam.

Kalau sudah beku sempurna, popsicle buah tersebut bisa Anda santap tanpa harus takut terkena kolesterol tinggi.(NP/RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...