Kinerja Ekspor Lewati Prakrisis

Kinerja Ekspor Lewati Prakrisis
Kinerja Ekspor Lewati Prakrisis
JAKARTA- Wakil Menteri Perdagangan RI (Wamendag), Mahendra Siregar mengatakan kinerja ekspor, termasuk sektor nonmigas menunjukkan sinyal yang baik. Selama Januari  2010 ini, pergerakan angka ekspor mencapai USD 9,2 miliar atau meningkat 47,6 persen apabila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2009 lalu.

"Angka ini membawa Indonesia kembali pada level prakrisis dan merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah di dalam kinerja ekspor peridoe bulan Januari," ungkap Mahendra Sireger kepada wartawan di Kementerian Perdagangan, Rabu (10/3).

Namun, Mahendra mengakui pola ekspor bulanan di  bulan Januari selama ini cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Desember. Kecuali pada tahun 2008 yang disebabkan oleh melonjaknya harga komoditi internasional dan minyak dunia saat itu.

Sementara itu mengenai surplus neraca perdagangan Indonesia dikatakan bahwa mengalami peningkatan 150 persen atau sebesar USD1,2 miliar jika dibandingkan dengan surplus periode yang sama di tahun 2009.

JAKARTA- Wakil Menteri Perdagangan RI (Wamendag), Mahendra Siregar mengatakan kinerja ekspor, termasuk sektor nonmigas menunjukkan sinyal yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News