Kinerja Sri Mulyani Indrawati Paling Memuaskan

Kinerja Sri Mulyani Indrawati Paling Memuaskan
Menkeu Sri Mulyani. Foto: Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) paling memuaskan. Setelah Mulyani, ada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Setidaknya ini adalah hasil dari survei lembaga Indonesia Political Opinion (IPO) bertajuk "Kinerja Kementerian/Lembaga, Peluang Reshuffle Kabinet dan Potensi Capres 2024" yang dirilis Rabu (28/10) secara virtual.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah menyatakan ada beberapa menteri yang pada periode survei Juli lalu kinerjanya tidak dominan. Namun, dalam survei Oktober ini menjadi dominan seperti Sri Mulyani.

Menurutnya pula, dari sisi kepercayaan publik terhadap pemerintah menurun, tetapi orang per orang banyak tokoh yang naik. Contohnya, kata dia, kepuasan atas kinerja Sri Mulyani sekarang bisa mencapai 61 persen. Sementara di Juli lalu, kata dia, tokoh yang menempati posisi teratas itu lebih dari 61 persen.

"Sri Mulyani Indrawati tiba-tiba menjadi paling tertinggi berkaitan dengan kepuasan atas kinerja menteri," kata Dedi dalam paparan hasil survei secara virtual, Rabu (28/10).

Dedi menjelaskan di bawah Mulyani, ada Prabowo Subianto dengan raihan 57 persen. Posisi ketiga ada Mendagri Tito Karnavian 49 persen. Posisi berikutnya secara berurutan yakni  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 43 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 38 persen, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 36 persen.

Lalu ada Menko Polhukkam Mahfud MD 34 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama 32 persen, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 31 persen,  Menristek Bambang Brodjonegoro 28 persen.

Berikutnya Mensesneg Pratikno 26 persen, Menteri PUPR Basuki Hadimoeldjono 23 persen, Menkop dan UKM Teten Masduki 19 persen  Mensos Juliari Batubara 17 persen  Menhub Budi Karya Sumadi 14 persen, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa 14 persen dan Menakertrans Ida Fauziyah 13 persen.

Berikutnya ada Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar 10 persen, Menperin Agus Gumiwang 9 persen, Mendag Agus Suparmanto 9 persen, MenPAN dan RB Tjahjo Kumolo 9 persen, Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Kinerja Menkeu Sri Mulyani Indrawati paling memuaskan dibanding anggota kabinet Jokowi - Ma'ruf lainnya. Mulyani dibayang-bayangi Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News