Kini Pasien Positif Covid-19 di Secapa AD Sisa 4 Orang

Kini Pasien Positif Covid-19 di Secapa AD Sisa 4 Orang
Pelaksanaan tes usap ke-2 bagi siswa di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD, Bandung, Kamis (16/7). Foto: Antara/HO-Dok Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menerangkansaat ini jumlah pasien positif covid-19 klaster Secapa AD, Bandung, Jawa Barat terus berkurang. Bahkan, Jumat (14/8) ini tersisa empat pasien saja.

"Dari hasil lab PCR (polymerase chain reaction) terbaru di Secapa AD, ada tambahan lima pasien yang dinyatakan negatif covid-19," ujar Andika dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dengan bertambahnya jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19, total pasien yang dinyatakan negatif covid-19 telah mencapai 1.304 orang (99,7 persen) dari semula 1.308 orang.

Andika menuturkan, pasien yang masih positif covid-19 tinggal empat orang atau 0,3 persen.

Selain itu, pada Jumat ini ada tambahan 20 perwira Secapa AD mantan pasien covid-19 yang mendonorkan plasma di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Pagi ada 20 perwira mantan Secapa lagi yang donor plasma di RSPAD sehingga total pendonor plasma convalesence adalah 155 orang," kata Andika..

Istilah terapi plasma convalescent merujuk pada pemberian plasma darah dari orang yang telah sembuh ke pasien lainnya yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama.

Plasma darah dari orang yang telah sembuh diperkirakan bisa membantu melawan SARS-CoV-2 karena memiliki antibodi yang telah dibentuk oleh pasien tersebut. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Hari ini ada tambahan 20 perwira Secapa AD mantan pasien covid-19 yang mendonorkan plasma di RSPAD Gatot Soebroto


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News