JPNN.com

KLH Beri Penilaian 'Proper' 2.000 Perusahaan

Jumat, 26 November 2010 – 15:35 WIB KLH Beri Penilaian 'Proper' 2.000 Perusahaan - JPNN.com
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) telah kembali melakukan penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) untuk tahun 2010. Proper sendiri merupakan salah satu program unggulan KLH, dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Menurut Menteri Negara LH Gusti Muhammad Hatta, untuk tahun ini penilaiannya dikategorikan dengan peringkat warna. Warna-warna itu terdiri dari emas, hijau, biru, merah dan hitam (lima kategori), sementara kategori peringkat biru minus dan merah minus ditiadakan.

"Pada periode penilaian tahun 2009-2010 ini, perusahaan yang dilakukan penilaian kinerjanya berjumlah 690 perusahaan, yang terdiri dari 258 perusahaan manufaktur, 215 perusahaan agroindustri, 201 perusahaan pertambangan, energi dan migas, serta 16 perusahaan kawasan/jasa, dengan total tingkat penaatan 71 persen, atau naik dari penaatan tahun lalu," beber Gusti, dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (26/11).

Saat ini, kata Hatta pula, Proper merupakan salah satu syarat dalam menentukan key performance indicator management di banyak perusahaan. "Karena Proper ini cukup efektif, maka saya instruksikan untuk meningkatkan jumlah peserta Proper, agar dapat menjadi critical mass dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Hatta, pihaknya sejauh ini telah memberikan rekomendasi AMDAL terhadap lebih dari 8.000 perusahaan, sementara penilaian Proper telah dilakukan pada 2.000 perusahaan. Untuk itu ke depannya, katanya lagi, akan diupayakan menyerahkan (penilaian) sebagian perusahaan Proper itu kepada pemerintah daerah.

"Berkaitan dengan itu, harus dipersiapkan (dulu) segala sesuatunya. Seperti peningkatan kapasitas pengawas di lingkungan pemprov maupun pemkot dan pemkab," terangnya. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...