KLHK Bakal Kerja Sama dengan Kementan untuk Menangani Karhutla

KLHK Bakal Kerja Sama dengan Kementan untuk Menangani Karhutla
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya. Foto: Dok. KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah serius dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia selama musim kemarau ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, untuk bisa mengatasi karhutla, mereka akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan).

Bahkan, dalam waktu dekat, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bakal memanggil dua direktorat yang ada di Kementan dan KLHK untuk bekerja sama.

“Nanti dari Ditjen Perkebunan (KLHK) dan Ditjen Tanaman Pangan (Kementan),” ujar Menteri Siti di Manggala Wanabakti, Jumat (6/9).

Menteri Siti mengatakan, kedua ditjen itu akan diarahkan agar memberikan edukasi ke masyarakat untuk tidak membakar saat membuka lahan baru.

Pasalnya, salah satu penyebab utama karhutla adalah pembukaan lahan yang menggunakan cara instan yakni dibakar.

Menteri Siti juga mengatakan, masyarakat harus diberikan alternatif agar tak membakar hutan saat membuka lahan. KLHK pun sudah menyusun mekanismenya.

Nantinya, kata Menteri Siti, Kementan akan menjalankan peran penyuluhan dan membimbing para petani di daerah.

KLHK bakal kerja sama dengan Kementan dalam menangani masalah karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia selama musim kemarau ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News