KLHK Bakal Sulap Sungai Ciliwung Jadi Tempat Rekreasi

KLHK Bakal Sulap Sungai Ciliwung Jadi Tempat Rekreasi
Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro. Foto: Mercurius Thomos Mone/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro mengatakan pihaknya akan mengembangkan potensi wisata di bantaran Sungai Ciliwung.

Dia mengatakan ide tersebut muncul ketika komunitas Sungai Ciliwung mengakat isu bahwa sungai adalah pusat peradaban manusia.

"Banyak juga peradaban lama di Indonesia yang bermula dari letak strategis sebuah sungai. Ciliwung dulunya adalah tempat di mana kapal-kapal berlabuh sampai ke bagian dalam di daerah yang sekarang jadi Kota Jakarta," kata Sigit kepada wartawan di Kawasan KLHK, Jakarta, Senin (13/6).

Menurutnya, ada banyak potensi sejarah yang bisa digali di sekitar bantaran Sungai Ciliwung.

"Sehingga, Sungai Ciliwung bantaran Kota Jakarta akan dijadikan wisata sejarah. Nanti deskripsi lokasi-lokasi bersejarah tersebut yang akan kami gali bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta," ujar Sigit.

Sementara itu, suasana asri bantaran Sungai Ciliwung dari Jakarta ke arah puncak akan dieksploitasi sebagai tempat rekreasi sembari membersihkan sungai.

"Suasananya masih banyak pepohonan yang bisa dijadikan tempat rekreasi sambil memungut sampah," kata Sigit.

Dia menambahkan konsep tersebut sudah dibahas bersama komunitas Yayasan Sahabat Ciliwung dari Depok.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Sigit Reliantoro mengatakan jajarannya akan mengembangkan potensi wisata di bantaran Sungai Ciliwung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News