KLHK Bentuk Tim Terpadu Kaji Rencana Penutupan Pulau Komodo

KLHK Bentuk Tim Terpadu Kaji Rencana Penutupan Pulau Komodo
Komodo, binatang purba di Kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Timor Ekspress/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan membentuk tim terpadu dan melakukan kajian terhadap rencana kemungkinan penutupan sementara Taman Nasional Komodo.

BACA JUGA : Menteri Siti Minta Gubernur Viktor Kaji Lagi Penutupan Taman Nasional Komodo

Rencana penutupan sementara Taman Nasional Komodo itu sempat disampaikan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

"Menteri LHK akan membentuk tim terpadu untuk kajian serta membuat prediksi masa depan pengelolaan TN Komodo sebagai kawasan eksklusif mengingat komodo adalah satwa penting bagi dunia internasional," tutur Dirjen KSDAE KLHK Wiratno dalam jumpa pers di kantornya hari ini.

Menurut Wiratno, penutupan atau pembukaan kembali suatu kawasan konservasi diputuskan atas pertimbangan ilmiah dan kondisi tertentu.

BACA JUGA : Soal Wacana Penutupan TN Komodo, Anggota DPD: Jangan Bikin Warga Susah

Tim terpadu yang dibentuk untuk kajian ini akan bekerja dan melaporkan hasilnya mulai Juli 2019.  "Tim terpadu akan memberikan hasil rekomendasi atas kajian itu pada Agustus 2019," imbuh Wiratno. 

BACA JUGA : Menteri LHK: Taman Nasional Komodo Tak Bisa Ditutup Mendadak

Wacana penutupan kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat NTT perlu dikaji secara komprehensif dampaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News