KLHK dan Tim Gabungan Sukses Tangani Dua Harimau Benggala yang Lepas di Singkawang

KLHK dan Tim Gabungan Sukses Tangani Dua Harimau Benggala yang Lepas di Singkawang
Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno. Foto: KLHK.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama tim gabungan berhasil menangani dua ekor harimau benggala, Tora dan Eka, yang keluar dari kandangnya di Lembaga Konservasi CV Sinka Island Park, di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Secara terukur, tim gabungan melakukan penanganan terbaik, baik bagi keselamatan masyarakat maupun kedua harimau, termasuk upaya-upaya penyelamatan serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Oleh karena itu, warga di sekitar lokasi Sinka Zoo tidak perlu resah dan khawatir," ungkap Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) KLHK Wiratno, Minggu (7/2).

Wiratno mengucapkan terima kasih kepada kepolisian, TNI, pemda, dan pihak terkait lainnya, serta masyarakat yang telah turut berpartisipasi membantu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar melakukan upaya penanganan terhadap dua harimau yang lepas.

Wiratno mengatakan sesuai arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, maka Ditjen KSDAE akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pengelolaan Sinka Zoo.

Langkah ini penting untuk melihat seluruh aspek pengelolaan pada lembaga konservasi itu terutama kalau terdapat unsur kelalaian pada kejadian tersebut.

"Apabila ada unsur kelalaian dalam pengelolaan lembaga konservasi, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," pungkasnya. (*/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Inilah pesan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait lepasnya dua harimau benggala di Sinka Zoo Singkawang, Kalbar.