Minggu, 18 Agustus 2019 – 00:04 WIB

KLHK Pamerkan Silapong: Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium Serpong

Selasa, 13 Agustus 2019 – 23:16 WIB
KLHK Pamerkan Silapong: Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium Serpong - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa kepada pelanggan internal maupun eksternal, Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan, Badan Litbang dan Inovasi – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3KLL, BLI KLHK) mengembangkan sebuah aplikasi dan diberi nama Silapong.

Kepala P3KLL BLI KLHK Herman Hermawan mengatakan Silapong adalah Sistem Informasi Laboratorium Serpong. “Ini adalah inovasi terbaru P3KLL yang berfungsi sebagai dasar pengambilan keputusan bagi langkah pengembangan pelayanan Laboratorium P3KLL,” ujar Herman di Serpong, Senin (13/8)

Herman menambahkan, Silapong adalah aplikasi pelayanan pengujian dan atau kalibrasi alat di laboratorium P3KLL berbasis website dan android yang dirancang khusus untuk menghimpun pemesanan layanan pengujian.

“Silapong mempercepat proses pemesanan layanan pelanggan dengan menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi mulai dari pemesanan contoh uji, proses penanganan contoh uji atau alat uji sampai dengan terbitnya sertifikat hasil uji dan atau sertifikat hasil kalibrasi,” tambah Herman.

BACA JUGA: BLI KLHK Gelar Media Dialog Dan Festival Riset

Menurut dia, Silapong jauh lebih cepat, mudah dan dapat diakses di mana saja sehingga dapat menghemat waktu dan menghemat penggunaan kertas (paperless) serta dapat untuk melakukan evaluasi pelayanan laboratorium.

Silapong juga memberikan fasilitas permintaan pelanggan yang bermacam-macam sesuai kebutuhan jenis pengujian atau kalibrasi dan parameter besaran yang diuji. Jenis pelayanan jasa pengujian laboratorium yang ada pada aplikasi Silapong adalah jenis pengujian laboratorium B3, laboratorium biologi, laboratorium toksikologi, laboratorium udara, dan laboratorium kebisingan. Sedangkan jenis pelayanan kalibrasi alat adalah laboratorium kalibrasi.

Sejuah ini, aplikasi Silapong sudah tersedia di Playstore dan dapat diunduh untuk perangkat android. (cuy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar