KLHK Serahkan Bantuan Peralatan Pengendalian Karhutla di Kalimantan Barat

KLHK Serahkan Bantuan Peralatan Pengendalian Karhutla di Kalimantan Barat
Bantuan Peralatan Pengendalian Karhutla dari KLHK untuk Kalimantan Barat. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, PONTIANAK - Dalam rangka menunjang peran serta kelompok masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), KLHK memberikan bantuan peralatan pemadaman kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta di Provinsi Kalbar.

Peralatan pemadaman berupa selang diberikan kepada 82 yayasan dan Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta yang berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Singkawang, Sambas Landak, Bengkayang, Ketapang, dan Kayong Utara.

Masing-masing yayasan mendapatkan enam roll selang yang digunakan untuk pemadaman kebakaran.

BACA JUGA : Gerak Cepat, Yusril Langsung Ajukan Penangguhan Penahanan

Mewakili Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Kepala Sub Direktorat Tenaga dan Sarana Prasarana, Mujiastuti menyampaikan bahwa pemberian bantuan peralatan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada Damkar Swasta yang ada di Kalimantan Barat.

“Diharapkan bantuan peralatan berupa selang ini dapat dapat digunakan sebagai sarana bagi Damkar Swasta untuk mengatasi kebakaran yang terjadi sehingga tidak merembet ke hutan dan begitu juga sebaliknya,” ungkap Mujiastuti.

“Wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya yang sebagian besar berupa lahan gambut sangat mudah terbakar jika kondisi kering dan mudah menyebar. Oleh karena itu, kebakaran yang terjadi harus segara diatasi sebelum api membesar," sambung Mujiastuti.

Pembagian bantuan peralatan pemadaman untuk Damkar Swasta ini dipusatkan di kediaman Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Pontianak.

Peran serta masyarakat yang didukung dengan sarana prasarana ini sangat penting dalam mempercepat respons terhadap setiap kejadian kebakaran yang terjadi sehingga karhutla tidak meluas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News