Kliring tak Gagal Bayar

Kliring tak Gagal Bayar
Kliring tak Gagal Bayar
JAKARTA - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) mencatat sepanjang 2011 anggota kliring (AK) tidak mengalami gagal bayar (default) dalam penyelesaian transaksi bursa. Menurut klaim KPEI, jumlah  frekuensi transaksi bursa sebesar 28,86 juta kali transaksi dengan rata-rata frekuensi transaksi bursa harian sebesar 117.328 kali transaksi.

Dari jumlah tersebut, total volume transaksi bursa di Bursa Efek Indonesia telah mencapai 1,30 triliun unit saham, dengan rata-rata volume transaksi bursa harian sebesar 5,30 miliar saham senilai Rp 1.226,57 triliun dan rata-rata nilai transaksi bursa harian sebesar Rp 4,99 triliun. ”Ini tidak lepas dari kerja ekstra seluruh Self Regulatory Organization (SRO),” ucap Ito Warsito, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta.

Selain itu, proses kliring transaksi bursa yang dilakukan secara netting KPEI sepanjang 2011, juga mencapai efisiensi volume penyelesaian transaksi bursa dengan rata-rata harian sebesar 57,52. Dengan fakta itu, volume transaksi efek yang diselesaikan melalui KPEI menjadi sebesar 42,48 persen atau 2,10 miliar unit saham per hari.

Sementara efisiensi nilai dari penyelesaian transaksi bursa rata-rata harian mencapai 82,32 persen sehingga rata-rata harian nilai penyelesaian dana yang dilakukan melalui KPEI menjadi sebesar 17,68 persen atau sejumlah Rp 845,79 miliar. Hal itu dinilai dapat mengurangi beban anggota kliring (AK) dalam menyelesaikan transaksi bursanya yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi proses penyelesaian transaksi bursa serta dapat meningkat likuiditas pasar. (far)
Berita Selanjutnya:
Kawasan Berikat Terus Ditata

JAKARTA - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) mencatat sepanjang 2011 anggota kliring (AK) tidak mengalami gagal bayar (default) dalam penyelesaian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News