Kloter Pertama Jamaah Haji Tiba di Tanah Suci

Kloter Pertama Jamaah Haji Tiba di Tanah Suci
Kloter Pertama Jamaah Haji Tiba di Tanah Suci
JAKARTA - Kloter pertama jamaah haji Indonesia yang bertolak dari empat embarkasi awal yakni embarkasi Aceh, Medan, Makassar dan Banjarmasin kemarin (12/10) sore telah mendarat di Tanah Suci. Di hari yang sama, kloter awal dari lima embarkasi lainnya melakukan pemberangkatan perdana ke Arab Saudi. Embarkasi itu antara lain, Jakarta, Solo, Surabaya, Padang, Batam, Pelembang, dan Balikpapan.

      

Dalam keterangan Media Center Haji (MCH) Kemenag, Jamaah yang baru mendarat di bandara King Abdul Aziz, Jeddah disambut tim Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Disana, jamaah sempat mengalami kesulitan karena pemerintah Arab Saudi memberlakukan sistem pendataan identitas dengan scanning sidik jari dan foto wajah. Sistem scanning diterapkan baik di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah dan Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah.

"Sistem scanning memang membutuhkan waktu tambahan. Tapi itu tidak begitu mengganggu," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Ahda Barori Asmuni ketika dihubungi dari Jakarta tadi malam.

Soal transportasi, Ahda memastikan tidak banyak menemui kendala. Sebab ketika jamaah turun dari pesawat, bus-bus pengangkut sudah disiapkan di area parkir kompleks bandara. Bus-bus tersebut disediakan oleh pemerintah Arab Saudi melalui muassasah haji. Perjalanan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju ke Madinah memakan waktu sekitar 4 hingga 8 jam. "Kloter-kloter awal besar kemungkinan lancar karena kondisi masih cukup lengang," singkat dia.

JAKARTA - Kloter pertama jamaah haji Indonesia yang bertolak dari empat embarkasi awal yakni embarkasi Aceh, Medan, Makassar dan Banjarmasin kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News