KNPI Cemas Kerukunan Umat Terkoyak

KNPI Cemas Kerukunan Umat Terkoyak
KNPI Cemas Kerukunan Umat Terkoyak
SIBOLGA - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Sibolga mengecam dan menyesalkan tindakan penyerangan sekelompok orang terhadap jemaat HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, pada Minggu lalu (12/9) yang mengakibatkan dua korban menderita luka pukul dan tusuk.

KNPI Sibolga juga menyatakan enam sikap untuk menyikapi hal yang sedang berkembang dan dapat memecah kerukunan umat beragama yang terjadi di pulau Jawa tersebut. Adapun ke enam pernyataan sikap tersebut yakni meminta Pemerintah Pusat menyelesaikan hal penyerangan jemaat HKBP  secara tuntas sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Kemudian meminta aparat penegak hukum memberikan penjelasan secara transparan dan objektif serta menindak secara tegas pelaku penyerangan jamaat HKBP sesuai ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Selanjutnya mendesak Kementerian Agama (Kemenag) dan FKUB Kota Sibolga agar  lebih proaktif melakukan sosialisasi peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomor 8 dan 9 tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadah. KNPI Kota Sibolga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya pemuda bersama komponennya untuk tidak terpengaruh dengan adanya isu-isu yang bisa memecah kerukunan umat beragama.

Selanjutnya KNPI Sibolga juga meminta kepada Pemerintah Kota Sibolga untuk dapat menciptakan  suasana nyaman dan aman bagi seluruh masyarakat dalam menjalankan aktifitas keagamaan di Kota Sibolga Negeri Berbilang Kaum. "Serta yang terakhir meminta kepada organisasi keagamaan dan kemasyarakatan di Kota Sibolga  untuk melakukan pertemuan dalam rangka meningkatkan hubungan kerukunan umat beragama," ujar Ketua DPD KNPI Kota Sibolga, Hendra Sahputra SE saat membacakan enam pernyataan sikap DPD KNPI.

SIBOLGA - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Sibolga mengecam dan menyesalkan tindakan penyerangan sekelompok…