Selasa, 20 Agustus 2019 – 16:53 WIB

Koalisi Hanya Akan Rugikan Partai Islam

Selasa, 01 Oktober 2013 – 18:52 WIB
Koalisi Hanya Akan Rugikan Partai Islam - JPNN.COM

JAKARTA - Peneliti senior Center for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi mengatakan bahwa koalisi partai Islam sebaiknya tidak wujudkan. Pasalnya, berpotensi merugikan partai-partai itu sendiri.

"Istilahnya sudah menyesatkan, membatasi diri sendiri, kalau mau koalisi ya koalisi bersama, jangan terjebak pada simbol yang tidak bermanfaat bagi masyarakat," ujar Kristiadi kepada wartawan di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Sebagai negara dengan populasi 90 persen Muslim, sewajarnya partai-partai politik di Indonesia didominasi oleh orang Islam. Karena itu, lanjut Kristiadi, tidak perlu lagi ada istilah partai Islam.

"Sekarang dalam terminologi, partai Islam itu sudah membingungkan. PKS tidak juga semua islam, sangat terbuka, semua unsur sudah masuk, dikotomi itu sudah tidak valid. PDIP juga punya unsur punya kelompok yang lebih agamis dan sebaliknya," paparnya.

Memaksakan penggunaan label partai Islam atau koalisi partai Islam pada akhirnya hanya akan membatasi ruang gerak saja. Apalagi, saat ini masyarakat sudah semakin menjauhkan diri dari hal-hal bersifat primodial.

Karena itu, Kristiadi menyarankan agar partai-partai Islam berhenti mengedepankan label ideologi dan mulai menawarkan gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Yang ditawarkan oleh masyarakat jgn simbolnya. Tapi gagasan, solusi yang ditawarkan, untuk menawarkan solusi," pungkasnya. (dil/jpnn)

SHARES
TAGS   koalisi partai islam
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar