Koalisi Pendukung SBY Kalah Beruntun di Jawa

Efektivitas Koalisi dengan Demokrat di Pilkada Dipertanyakan

Koalisi Pendukung SBY Kalah Beruntun di Jawa
Pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan di Pemilukada Jawa Tengah, untuk sementara unggul berdasarkan hitung cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei.
JAKARTA - Kekalahan secara beruntun tiga pasangan calon gubernur hasil koalisi Partai Demokrat (PD), Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) di tiga provinsi di Pulau Jawa perlu menjadi bahan evaluasi. Setelah kalah di Pilkada DKI Jakarta dan Jawa Barat, kini jago dari koalisi partai pendukung pemerintah itu kembali menuai kekalahan di Jawa Tengah.

Menurut Wakil Ketua Umum PAN, Dradjad H Wibowo, ujian selanjutnya bagi koalisi PD, Golkar dan PAN adalah Pemilukada Jawa Timur. "Peringatan keras untuk koalisi PD-PAN.  Kalah di DKI, Jabar dan Jateng.  Tinggal Jatim," katanya saat dihubungi di Jakarta, Minggu (26/5).

Dradjad merincikan, kini sudah dua provinsi penting di Jawa dipimpin gubernur dari PDIP, yakni DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan Provinsi Jawa Barat dipimpin gubernur dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). "Skor untuk PD, Golkar dan PAN di Jawa masih nol," sambungnya.

Mantan anggota DPR RI yang juga ekonom itu mengatakan, yang juga perlu dicermati adalah kemampuan PDI Perjuangan sebagai partai oposisi dalam memunculkan kadernya. Bahkan di Pilkada DKI dan Jateng, calon incumben kalah oleh muka baru yang popularitasnya awalnya tak diperhitungkan.

JAKARTA - Kekalahan secara beruntun tiga pasangan calon gubernur hasil koalisi Partai Demokrat (PD), Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) di tiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News