Koarmabar Tangkap Kapal Pembawa Barang Ilegal

Koarmabar Tangkap Kapal Pembawa Barang Ilegal
Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-4 berhasil menangkap kapal KLM Putri Setia di perairan Barelang Batam karena membawa barang ilegal dari luar negeri, Rabu (9/11). FOTO: Dispen Koarmabar

jpnn.com - JAKARTA - Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-4 berhasil menangkap kapal KLM Putri Setia di perairan Barelang Batam. Tim yang berkedudukan di Lantamal IV Tanjungpinang itu menangkap kapal yang membawa barang ilegal dari luar negeri, Rabu (9/11).

Menurut keterangan Dinas Penerangan Koarmabar, muatan barang ilegal tersebut berupa barang klontong campuran dan barang elektronik baru seperti Handy Talki, TV LED, Mesin Cuci, Dispenser, Lampu, Sepatu dan lain-lain.

Kapal KLM Putri Setia GT 31 merupakan jenis kapal cargo berbendera Indonesia yang dinakhodai Acan dengan jumlah ABK 6 orang. Kapal ini merupakan salah satu kapal Target Operasi (TO) Tim WFQR-4 yang selama ini sulit tersentuh oleh petugas dikarenakan disinyalir milik salah satu pengusaha ternama.

Dari pengakuan nakhoda, modus kapal ini menggunakan dua nama ketika melakukan aksinya, saat memuat barang di pelabuhan tikus menggunakan nama KLM Harapan Jaya dan setelah selesai muat dan berlayar sampai masuk pelabuhan yang dituju berganti nama menggunakan nama KLM Putri Setia.

Modus operandi barang-barang muatan diduga dari Singapura kemudian dibawa ke Batam menunggu situasi aman, selanjutnya berangkat dari Jembatan 4 Barelang (Tanjung Kertang) tujuan Tanjung Balai Karimun.

Sesuai pengakuan sementara nakhoda barang yang ada berjumlah 19 Truck Fuso yang rencananya akan dibawa ke Tanjung Balai Karimun. Namun belum sampai ke tempat tujuan sudah tertangkap Tim WFQR-4.

Selain itu dari pengakuan nahkoda pihaknya sudah melakukan hal seperti ini sebanyak 20 kali.

Dari hasil pemeriksaan dokumen, Surat Perintah Berlayar (SPB) dari Barelang ke Tanjung Balai Karimun (nihil), manifest muatan (nihil), buku kesehatan (nihil).

JAKARTA - Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-4 berhasil menangkap kapal KLM Putri Setia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News