Kolaborasi Kemenpan-RB dan ESQ Raih Rekor MURI

Kolaborasi Kemenpan-RB dan ESQ Raih Rekor MURI
Kolaborasi Kemenpan-RB dan ESQ Raih Rekor MURI. Foto: dok. ESQ

jpnn.com, JAKARTA - Kolaborasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Emotional and Spiritual Quotient (ESQ)/Accelerated Culture Transformation (ACT) International meraih rekor MURI.

Rekor tersebut diberikan dalam kategori jumlah lembaga terbanyak yang mengikuti survei, yakni 592 instansi dan responden terbanyak, yaitu 923.413 orang.

Founder ESQ/ACT Consulting International Ary Ginanjar Agustian menuturkan penghargaan tersebut terwujud berkat bantuan semua kementerian, lembaga, pemerintah pusat, dan daerah.

"Rekor MURI ini atas Survei Budaya Organisasi dengan Peserta Survei dan Lembaga Terbanyak," ucap Ary, dalam keterangannya, Jumat (27/1).

Kegiatan ASN Culture Fest 2022 merupakan rangkaian dari survei Indeks BerAKHLAK. Hasilnya, indeks BerAKHLAK secara nasional mendapatkan nilai 60,9 persen atau kategori Cukup Sehat.

Skor tertinggi adalah pada nilai Akuntabel yakni 74,1 persen, sedangkan terendah adalah nilai Adaptif dengan skor 38,9 persen.

Ary mengungkapkan pola pikir adaptif masih menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh ASN yang akan berdampak pada pelayanan masyarakat lebih baik.

"Dimulai dari diri kita sendiri dulu. Kalau diri berubah, lingkungan berubah, maka pelayanan berubah," ujar Ary.

Kolaborasi Kemenpan-RB dan ESQ dalam Survei Budaya Organisasi dengan peserta dan lembaga terbanyak meraih rekor MURI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News