Kombes Hengki Ungkap Fakta Baru soal Khilafatul Muslimin

Kombes Hengki Ungkap Fakta Baru soal Khilafatul Muslimin
Dirrkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi. Foto: Mercurius Thomos Mone/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan kelompok Khilafatul Muslimin memiliki struktur yang sama dengan sebuah negara.

Kombes Hengki menjelaskan kelompok Khilafatul Muslimin dipimpin oleh seorang khalifah sebagai pimpinan tertinggi.

"Mereka memiliki struktur yang hampir sama dengan negara. Dari pimpinan tertinggi adalah khalifah sudah kami tangkap Abdul Qodir Hasan Baraja," kata Hengki saat membeber fakta tersebut kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/6).

Kemudian, di bawah khalifah ada amir daulah setingkat provinsi, amir wilayah setingkat kabupaten, dan ummul qura setingkat kecamatan.

"Yang paling rendah adalah amir masyul," sambung perwira menengah Polri itu.

Kombes Hengki menyebut kelompok Khilafatul Muslimin juga memiliki metode syiar melalui website yang berisi video dan artikel-artikel.

Penyidik Polda Metro Jaya menggandeng sejumlah pakar bahasa dan ahli hukum pidana untuk menganalisis video serta artikel tersebut.

"Ini bertentangan dengan UU Ormas, yaitu bertentangan dengan Pancasila karena menyebarkan hal-hal yang bertentangan dengan ideologi negara," tutur mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkap fakta baru soal kelompok Khilafatul Muslimin. Dia menyebut organisasi itu mirip sebuah negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News