Komisi II DPR Kaji Pemekaran Kalbar

Pertimbangkan Pertahanan Negara

Komisi II DPR Kaji Pemekaran Kalbar
Komisi II DPR Kaji Pemekaran Kalbar
JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengkaji rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya, sebagai pemekaran dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Tidak menutup kemungkinan, mekanisme pembentukan provinsi baru ini akan dilakukan melalui hak inisiatif DPR. "Kapuas Raya, ya? Iya. Kita sedang pelajari itu," katanya, saat dihubungi Kamis (16/9).

Menurut Chairuman, Provinsi Kalbar mendapatkan pertimbangan khusus, mengingat daerah ini merupakan kawasan perbatasan - antara Indonesia dengan Malaysia Timur/Sarawak. Pemekaran daerah dinilai strategis sebagai salah satu upaya untuk peningkatan pertahanan negara di wilayah tersebut.

"Prioritas kita untuk menjaga perbatasan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan," ujar Chairuman. Sebelumnya, dia juga menyebutkan bahwa grand design penataan daerah yang disusun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak menjadi patokan baku pemekaran, tetapi hanya sebagai acuan.

Dikatakannya, usulan pemekaran tetap akan ditindaklanjuti, walaupun tidak sesuai dengan grand design, selama kondisi riil di lapangan terpenuhi. Apalagi bila usulan pemekaran berasal dari daerah perbatasan, maka hal itu akan diprioritaskan.

JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengkaji rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya, sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News