Komodo Labuan Bajo Benchmark Sukses Korea dan Bali

Komodo Labuan Bajo Benchmark Sukses Korea dan Bali
Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Kemenpar

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - Workshop Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Labuan Bajo di Hotel Prima, Labuan Bajo, 22-24 Mei 2017 benar-benar istimewa. Nuansanya super dahsyat. Materinya diisi Markplus, konsultan marketing skala global.

Dan seluruh pesertanya, langsung diajak praktek merumuskan hal kreatif yang tak kalah dengan konsep pariwisata di Korea serta Pantai Amet dan Karangasem di Bali.

“Ini baru top. Langsung dibenturkan ke masalah yang rumit-rumit. Semua diajak melihat benchmark top kelas dunia. Dan semuanya langsung diajak berdiskusi mencari solusi dan jalan keluar,” tutur Kadis Pariwisata Ngada, Todis Reo, Selasa (23/5).

Di workshop yang digelar Divisi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara itu, seluruh peserta yang terdiri dari pelaku industri pariwisata daerah, dinas pariwisata dan akademisi, dibagi menjadi tiga kelompok.

Ada yang menghandle isu seputar akses. Ada yang menggalang kekuatan di asosiasi. Satu grup lainnya, mengawal amenitas. Problemnya beda-beda.

Tantangannya beda-beda juga. Tapi, muaranya satu. Semua diminta meng-create cara kreatif yang bisa menggiring wisatawan yang datang bisa lebih lama dan mau berkunjung hingga berulang-ulang ke Labuan Bajo.

“Kalau perlu berkolaborasi dengan tim lain, silakan lakukan. Yang penting bisa meng-create hal baru yang memberikan dipersepsi positif.

Hal baru yang mencerminkan keunggulan kompetitif. Bikin yang unik juga kreatif,” tutur Executive Director MarkPlus Center Dr Setya Riyanto.

Workshop Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Labuan Bajo di Hotel Prima, Labuan Bajo, 22-24 Mei 2017 benar-benar istimewa. Nuansanya super dahsyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News