Komunitas Masyarakat Bersihkan Kali Ciliwung

Komunitas Masyarakat Bersihkan Kali Ciliwung
Komunitas Masyarakat Bersihkan Kali Ciliwung
JAKARTA – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Lintas Agama bekerjasama dengan Sanggar Ciliwung Merdeka, menggelar bakti sosial pembersihan sungai Ciliwung. Kegiatan dilaksanakan di sekitar Kebon Pala dan Bukit Duri, Jakarta Timur, Minggu (23/6). Mereka tidak hanya mengangkat sampah dari dalam sungai, namun sekaligus membangun rakit penyeberangan bagi warga sekitar.

Menurut perwakilan remaja Masjid Cut Meutiah, Jakarta, Amirah Nur Indah, kegiatan bersih-bersih sungai jarang dijamah berbagai lapaisan masyarakat. Karena sebagian besar menganggap pekerjaan tersebut tanggungjawab pemerintah. Atas dasar inilah komunitas ini kemudian terbentuk bertepatan dengan Hari Bumi 5 Juni lalu. Mereka terpanggil ingin memberi contoh, bahwa menjaga lingkungan hidup merupakan tanggungjawab bersama.

"Selain itu kami juga ingin tunjukkan bahwa bangsa ini rukun, toleran dan selalu bersama. Jangan membeda-bedakan suku, agama dan ras. Jangan menjadi perbedaan sebagai konflik. Kami sebagai kaum muda tunjukkan kebersamaan itu dengan kegiatan bakti sosial. Perbedaan agama tidak menghalangi kami melakukan kegiatan seperti ini," ujar Amirah yang juga mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta ini.

Melihat begitu besarnya tujuan mulia dari keberadaan komunitas ini, Mark Rompies dari Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB), mengatakan mereka akan terus mencoba mengajak lebih banyak kaum muda lain untuk turut bergabung dalam komunitas tersebut.

JAKARTA – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Lintas Agama bekerjasama dengan Sanggar Ciliwung Merdeka, menggelar bakti sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News