Kondisi Kritis, 10 Cagar Budaya Diselamatkan

Kondisi Kritis, 10 Cagar Budaya Diselamatkan
Kondisi Kritis, 10 Cagar Budaya Diselamatkan
JAKARTA--Pemerintah memetakan sepuluh cagar budaya yang kritis dan kondisinya terancam rusak. Untuk antisipasi pemerintah pusat akan menetapkan sepuluh cagar budaya itu menjadi cabar budaya nasional pertama kalinya.

Kesepuluh cagar budaya yang terancam rusak itu diantaranya adalah candi Borobudur, kawasan candi Prambanan, situs Sangiran, kawasan Trowulan, hingga biola W.R. Supratman dan bendera pusaka merah putih asli. Untuk di candi Borobudur misalnya, kawasan sekitar candi dalam radius tertentu harus dimasukkan dalam bagian dari cagar budaya.

Plt Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan menuturkan jika penyelamatan cagar budaya itu bersifat mendesak. "Untuk itu sudah kami tetapkan pembentukan Tim Ahli Nasional Cagar Budaya," tandasnya.

Kacung menuturkan jika fungsi tim ahli ini adalah menetapkan cagar budaya yang sudah ada saat ini menjadi cagar budaya nasional. Dia mengatakan target realistis tim ahli tadi adalah mencatatkan sepuluh cagar budaya menjadi cagar budaya nasional.

JAKARTA--Pemerintah memetakan sepuluh cagar budaya yang kritis dan kondisinya terancam rusak. Untuk antisipasi pemerintah pusat akan menetapkan sepuluh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News