Konmari Latih Kemandirian Anak

Konmari Latih Kemandirian Anak
Ibu-ibu mempelajari metode konmari ala Jepang. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Tahu konmari? Itu tuh, metode beberes kamar ala Jepang. Nah, kemarin, para ibu Kota Santri belajar metode konmari di salah satu kafe di Jalan Veteran. Hasil lokakarya tersebut akan ditularkan kepada buah hati mereka di rumah. 

Winny Liana Sari, fasilitator lokakarya, menyatakan bahwa konmari mampu melatih kemandirian anak. Caranya menarik. Merapikan barang atau pakaian ala Jepang ini tidak biasa. Dia mencontohkan pakaian. Biasanya, pakaian dilipat, lalu ditumpuk-tumpuk di lemari. "Konmari tidak. Pakaian akan ditata seperti buku. Yakni, berdiri," ucap Winny yang juga fasilitator Rumah Agrapana Art and Craft Enthusiast.

Para ibu terlihat antusias. Mereka memperhatikan Winny beraksi. Melipat baju dan kerudung agar bisa berdiri seperti buku. "Kalau kita mengambilnya, pakaian tidak akan kusut dan lebih mudah," katanya.

Bagaimana caranya? Winny menjelaskan, pakaian dibagi tiga bagian. Yakni, kanan, tengah, dan kiri. Bagian kanan dan kiri dilipat ke tengah. Membentuk lipatan memanjang. Setelah itu, dibagi lagi menjadi tiga bagian. "Lipat seperti bagian pertama. Kemudian diberdirikan," jelasnya.

Novia, peserta workshop, tertarik mempraktikkan konmari. Namun, saat mencoba melipat baju, usahanya berkali-kali gagal. Dia lalu dibantu Winny. Hasilnya, baju cokelat yang Novia lipat bisa berdiri. (son/c17/roz)

Winny menjelaskan, pakaian dibagi tiga bagian. Yakni, kanan, tengah, dan kiri. Bagian kanan dan kiri dilipat ke tengah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News