Konon Sebegini Nilai Cadangan Devisa Negara hingga Akhir 2022, Jangan Kaget!

Konon Sebegini Nilai Cadangan Devisa Negara hingga Akhir 2022, Jangan Kaget!
Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memproyeksikan cadangan devisa Indonesia hingga akhir 2022. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memproyeksikan cadangan devisa Indonesia hingga akhir 2022.

Proyeksi tersebut di bawah capaian cadangan devisa nasional 2021 lalu yang sebesar USD 144,9 miliar.

“Secara keseluruhan, kami memperkirakan cadangan devisa sekitar USD 130 – 135 miliar di akhir 2022,” kata Faisal dalam Macro Brief yang diterima di Jakarta, Rabu.

Prediksi ini berkaca dari Bank Indonesia (BI) yang baru saja melaporkan cadangan devisa nasional menyentuh angka USD 134,0 miliar pada November 2022, atau naik USD 3,8 miliar, dari sebelumnya sebesar USD 130,2 miliar pada Oktober 2022.

Capaian ini setara dengan pembiayaan 5,9 bulan impor atau 5,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, yang mana di atas standar kecukupan cadangan internasional sebesar tiga bulan impor.

Faisal juga memperkirakan neraca transaksi berjalan Indonesia berpotensi membukukan surplus sekitar satu persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), atau lebih dari capaian 2021 lalu yang sebesar 0,28 persen dari PDB.

Namun demikian, Faisal tetap mengingatkan untuk mengantisipasi adanya peningkatan kinerja impor di sisa 2022, yang dapat mempersempit surplus neraca.

“Impor terus menguat seiring dengan pemulihan permintaan domestik, sementara ekspor berisiko melemah akibat ketakutan akan resesi global,” kata Faisal.

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memproyeksikan cadangan devisa Indonesia hingga akhir 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News