Korea Agresif Tanam Modal

Korea Agresif Tanam Modal
Korea Agresif Tanam Modal
JAKARTA – Korea Selatan kini kian agresif menanamkan modal di Indonesia. Setelah pabrik baja PT Pohang Steel and Iron Company (Posco), kini PT Hankook Tire membangun pabrik di lahan seluas 60 hektare di Lippo Cikarang, Bekasi. Pabrik ban asal Negeri Ginseng itu menanam modal USD 1,1 miliar sampai 2018. Mereka akan memanfaatkan bahan baku lokal sebagai pengembangan industri hilir karet.

Vice Chairman and CEO Hankook Tire Seung Hwa Suh mengatakan,  pabrik baru tersebut akan mendukung bisnis mereka. Selain membangun pabrik di Indonesia, mereka telah memiliki enam pabrik di Korea, Tiongkok, dan Hungaria. ’’Pabrik baru ini akan menaikkan status global kami dari peringkat tujuh pabrik ban dunia menjadi lima besar,’’ kata Seung saat peresmian pembangunan pabrik ke-7 di Bekasi (9/6).

Menurut dia, nilai investasi yang ditanam bertahap. Tahap awal modal yang ditanamkan USD 353 juta dengan kapasitas produksi 6 juta ban per tahun. ’’Kita terus menambah investasi sampai 2018 senilai total USD 1,1 miliar. Namun, itu bergantung keadaan pasar dunia.  Kalau membaik, akan diteruskan,’’ ucapnya.

Selain memasok kebutuhan ban untuk dalam negeri, mereka melakukan ekspor dengan membidik negara-negara Asia Tenggara serta Timur Tengah. Porsi ekspor pada tahap awal lebih besar, yakni 70 persen, dan 30 persen untuk domestik. ’’Kami yakin konsumsi lokal akan naik sehingga memungkinkan mengubah porsi ekspor dan lokal,’" ucap Seung.

JAKARTA – Korea Selatan kini kian agresif menanamkan modal di Indonesia. Setelah pabrik baja PT Pohang Steel and Iron Company (Posco), kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News