Korea Utara dan Selatan Setuju Adakan Pembicaraan

Korea Utara dan Selatan Setuju Adakan Pembicaraan
Korea Utara dan Selatan Setuju Adakan Pembicaraan

Korea Utara dan Korea Selatan akan mengadakan pembicaraan diplomatik resmi untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir.

Menteri Perujukan Kembali Korea Selatan mengatakan Pyongyang sudah mengirimkan pernyataan menerima tawaran Selatan untuk mengadakan pembicaraan 9 Januari.

Pengumuman ini muncul beberapa jam setelah Amerika Serikat setuju untuk menunda latihan militer bersama dengan Korea Setelah sampai setelah berakhirnya Olimpiade Musim Dingin yang akan dilangsungkan bulan depan.

Latihan itu sudah lama menjadi sumber ketegangan karena Korea Utara menganggapnya sebagai gladi resik untuk melakukan invasi.

Korea Selatan dan Amerika Serikat sudah berulang kali membantah hal tersebut.

Korea Utara menerima undangan

Menteri Perujukan Kembali Korea Selatan mengatakan Korea Utara menyampaikan pesan hari Jumat pagi menerima tawaran Korea Selatan untuk bertemu di desa perbatasan Panmunjom hari Selasa depan guna membicarakan kerjasama di Olimpiade dan meningkatkan hubungan kedua negara.

Juru bicara Kementerian Baik Tae-hyun mengatakan dia berharap kedua Korea akan saling bertukar pesan mengenai siapa ayng akan memimpin delegasi masing-masing dan juga masalah lain.

Pejabat yang akan mewakili kedua Korea belum lagi dikukuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News