Korut akan Perkuat Penangkal Nuklir

Korut akan Perkuat Penangkal Nuklir
Pak Kil-yon
NEW YORK- Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Pak Kil-yon menegaskan bahwa Korea Utara tidak akan membuang kemampuan teknologi pelangkal nuklirnya. Negara itu bahkan terus memperkuat teknologi itu untuk mempertahankan kedaulatan negara dari serangan pihak luar, termasuk AS dan Korsel.

Pidato tersebut disampaikan Pak Kil-yon di depan sidang PBB di New York, Kamis (30/1) waktu setempat. Menurutnya, teknologi nuklir yang dikembangkan Korut bukan untuk mengancam atau menyerang negara lain. "Korut akan terus mengembangkannya agar memiliki kemampuan penangkat yang bertujuan mempertahankan diri," tegas Pak Kil-yon seperti dikutif KBS.

Meski begitu,  Pak Kil-yon menambahkan bahwa sebagai negara pemilik nuklir yang bertanggungjawab dan dengan posisi sama dengan negara pemilik nuklir lain, Pyongyang akan berpartisipasi dalam upaya global untuk non-proliferasi dan manajeman bahan nuklir secara aman.

Pak Kil-yon juga mengklaim bahwa Korea Selatan menolak hal-hal persetujuan dalam perjanjian antar-Korea yang telah disepakati tahun 2000 dan 2007 lalu. Dia juga mengklaim bahwa Korea Selatan merusak hubungan antar-Korea dengan rancangan Seoul untuk unifikasi yang bersifat sepihak.(KBS/fuz/jpnn)

NEW YORK- Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Pak Kil-yon menegaskan bahwa Korea Utara tidak akan membuang kemampuan teknologi pelangkal nuklirnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News