Korut Hentikan Program Nuklir demi Bantuan Pangan

Korut Hentikan Program Nuklir demi Bantuan Pangan
Korut Hentikan Program Nuklir demi Bantuan Pangan
SEOUL - Pejabat pemerintah Korea Utara hari Rabu (29/2) malam waktu setempat, secara mengejutkan mengumumkan penghentian sementara program uji coba nuklir dan pengayaan uranium. Keputusan ini diambil negeri komunis itu demi imbalan bantuan ribuan ton bahan makanan dari Amerika Serikat (AS).

Kantor berita Korut mengumumkan bahwa negeri di bawah kekuasaan Kim Jong-Un itu telah menyetujui rencana moratorium uji coba nuklir terkait rangkaian perundingan negeri di semenanjung Korea itu dengan AS yang berlangsung di Beijing, China minggu lalu. Pengumuman serupa juga dikeluarkan pihak Departemen Luar Negeri AS di Washington.

Untuk menjamin komitmen, Korut akan mengizinkan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) untuk memantau proses moratorium pengayaan uranium yang diperlukan untuk memproduksi bom atom.

Perundingan antara AS dan Korut adalah yang pertama kalinya sejak pucuk kekusaan tertinggi negara tersebut beralih dari almarhum Kim Jong-Il -yang meninggal akibat serangan Jantung bulan Desember tahun lalu- kepada anak sulungnya Kim Jon-Un. Sebelumnya, Korut berungkali menolak desakan dunia barat untuk menghentikan program nuklir  mereka. Hal ini bahkan dilakukan ditengah bencana kelaparan yang sering menimpa rakyatnya.

SEOUL - Pejabat pemerintah Korea Utara hari Rabu (29/2) malam waktu setempat, secara mengejutkan mengumumkan penghentian sementara program uji coba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News